Home > Berita

Jurnal Ilmiah baru IKIP Siliwangi telah lahir, Jurnal Profesi Pendidikan (JPP)

Penulis: Admin UPT Publikasi Ilmiah dan HKI - 23 Februari 2022

Pada pertengahan tahun 2020, IKIP Siliwangi mendapatkan amanah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) untuk program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Seiring berjalannya waktu, mahasiswa yang mengikuti program PPG di IKIP Siliwangi memerlukan wadah untuk menyelesaikan salah satu tugasnya, yaitu artikel ilmiah. Oleh karena itu, tugas artikel ilmiah tersebut dimasukkan ke berbagai jurnal yang ada di lingkungan IKIP Siliwangi. Namun, dikarenakan banyaknya peserta PPG IKIP Siliwangi, artikel yang dibuat oleh mahasiswa dan dimasukkan ke dalam jurnal-jurnal yang ada di IKIP Siliwangi mengalami over submit. Sehingga hal tersebut sangat berpengaruh baik kepada pengelola jurnal, jurnal ilmiah maupun mahasiswa PPG. 

Berdasarkan hal tersebut, ketua LPTK PPG IKIP Siliwangi, Dr. Asep Samsudin, M.Pd. memutuskan untuk membuat satu jurnal ilmiah khusus untuk submit dari mahasiswa PPG IKIP Siliwangi, "Sepertinya diperlukan satu jurnal ilmiah khusus untuk mahasiswa PPG IKIP Siliwangi agar bisa memenuhi tugas-tugasnya, agar fasilitas yang diterima oleh mereka maksimal." Ucapnya. Oleh karena itu, pada Selasa, 22 Februari 2022 pihak UPT Publikasi Ilmiah dan HKI menindaklanjuti permintaan ketua LPTK PPG IKIP Siliwangi dengan membuat jurnal PPG dengan nama Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) yang dikelola oleh Jajang Bayu Kelana, M.Pd. "Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya dan dipercaya untuk memegang jurnal JPP ini, mohon bimbingan dan do'anya dari rekan-rekan pengelola jurnal lain agar JPP bisa menjadi jurnal ilmiah yang baik." Ucapnya pada sesi wawancara dengan tim UPT Publikasi Ilmiah dan HKI.

Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) sendiri tidak hanya ditujukan untuk mahasiswa PPG IKIP Siliwangi saja. Peneliti-peneliti dari luar IKIP Siliwangi pun berkesempatan untuk bisa terbit pada jurnal tersebut dengan mengikuti alur publikasinya. JPP terbit setahun dua kali pada bulan Juni dan Desember dengan Fokus dan Ruang Lingkup JPP (Jurnal Profesi Pendidikan) pada hasil penelitian tentang pengajaran, pembelajaran dan pengajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, pendidikan, teknologi, dan pengembangan pendidikan. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP) menerbitkan penelitian orisinal atau makalah teoritis tentang belajar mengajar yang berkaitan dengan isu-isu terkini. JPP sendiri merekomendasikan penelitian tindakan kelas, kualitatif, deskriptif, atau kuantitatif. Selain itu, JPP juga dapat memproses naskah penelitian pengembangan didaktik (DDR) atau penelitian dan pengembangan (RnD). Publikasi JPP dapat berupa penelitian tentang pengajaran, pembelajaran dan pengajaran, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, pendidikan, teknologi, dan pengembangan pendidikan.

"Rencana kami ke depannya menjadikan jurnal JPP ini bisa memiliki ISSN dan juga terakreditasi SINTA." Ucap Muhammad Ghiyats Ristiana, S.Mat., M.Pd. selaku kepala UPT Publikasi Ilmiah dan HKI. "Memang prosesnya akan lama dikarenakan jurnal ilmiah dapat terakreditasi SINTA jika sudah membuat terbitan selama dua tahun, target terdekat mungkin ISSN jurnalnya." Lanjutnya. Jurnal JPP ini menjadi harapan bagi IKIP Siliwangi untuk terciptanya wadah artikel ilmiah yang berkualitas dari berbagai penjuru para peneliti.

Jajang Bayu Kelana, M.Pd.