Home > Berita

Workshop Pengelolaan Jurnal Sistem OJS 3 IKIP Siliwangi Tahun 2023

Penulis: Admin UPT Publikasi Ilmiah dan HKI - 10 Agustus 2023

*File materi dapat diunduh pada link di samping

Pengelolaan jurnal ilmiah di lingkungan IKIP Siliwangi sudah upgrade sistem menjadi OJS 3, dimana sistem ini memiliki kemanan yang lebih baik daripada sistem OJS 2 sebelumnya. Namun, penyesuaian para pengelola jurnal dibutuhkan karena sistem yang memang baru bagi para pengelola jurnal di lingkungan IKIP Siliwangi. Oleh karena itu, UPT Publikasi Ilmiah dan HKI berinisiatif mengadakan kegiatan Workshop Pengelolaan Jurnal Sistem OJS 3 IKIP Siliwangi Tahun 2023 yang membahas terkait dengan alur publikasi ilmiah di jurnal sistem OJS 3 dan perombakan tampilan jurnal menjadi lebih baik. "Memang sistem OJS 3 itu lebih aman, dan mungkin bagi sebagian orang lebih sulit, tapi jika sudah dipelajari justru sistem OJS 3 ini lebih friendly dan juga user experience pada OJS 3 lebih baik." Ucap Prof. Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd. selaku Wakil Rektor Bidang Sumber Daya.

Workshop ini dihadiri oleh semua pengelola jurnal ilmiah dikarenakan seluruh jurnal ilmiah di lingkungan IKIP Siliwangi sudah rubah sistem menjadi OJS 3. Oleh karena itu, dengan adanya workshop ini diharapkan para pengelola jurnal dapat mengelola jurnal dengan sistem baru OJS 3 lebih baik lagi. Adapun agenda dari workshop ini adalah membahas terkait dengan 1) alur publikasi ilmiah pada jurnal sistem OJS 3; dan 2) penyesuaian tampilan jurnal ilmiah sistem OJS 3. Pematerian ini disampaikan oleh Bapak Aldy Rialdy Atmadja, MT. yang berasal dari UIN Sunan Gunung Djati.

"Sebenarnya alur publikasi artikel pada sistem OJS 3 tidak jauh beda dengan OJS 2, hanya saja ada beberapa hal yang perlu dilalui dan tidak ada di OJS 2, namun jika sudah terbiasa pasti akan merasa lebih nyaman dengan sistem OJS 3 ini." Ujar Bapak Aldy Rialdy Atmadja, MT. pada penyampaian materi workshop ini. Pada dasarnya, alur publikasi artikel pada sistem OJS hampir sama semua, hanya saja dengan sistem OJS 3 terbaru ini ada fitur-fitur atau hal-hal yang tidak ada di dalam sistem OJS 2, seperti translator, guest editor, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, pematerian selanjutnya meliputi penyesuaian tampilan jurnal ilmiah sistem OJS 3 agar sesuai dengan keinginan para pengelola jurnal. Penyesuaian tampilan ini juga ditujukan agar jurnal ilmiah yang dikelola sesuai dengan poin-poin yang harus ada pada saat akreditasi ataupun reakreditasi jurnal ilmiahnya. "Biasanya hal-hal penting yang menjadi poin akreditasi itu ada di beberapa hal seperti apa saja indexing site yang sudah dimiliki, kemudian tampilan berapa banyak kunjungan pada jurnal ilmiah tersebut, dan masih banyak hal lagi yang harus disesuaikan." Ucap Bapak Aldy Rialdy Atmadja, MT.

Para pengelola jurnal sangat antusias mengikuti workshop ini dan memiliki banyak pertanyaan yang selama ini sudah terpendam. Oleh karena itu, pada workshop ini dilakukan sistem diskusi tanya jawab sekaligus. Pertanyaan yang paling banyak adalah mengenai penyesuaian tampilan jurnal karena banyak pengelola jurnal IKIP Siliwangi yang masih kebingungan terkait dengan tampilan jurnal ilmiahnya. "Bagaimana menambahkan block-block yang ada di pinggir agar bisa menampilkan indexing site, dsb?" Tanya Aseptiana Parmawati, M.Pd. selaku pengelola jurnal PROJECT. Ada juga pertanyaan dari Jajang Bayu Kelana, M.Pd. selaku pengeloal jurnal JPP, "Bagaimana cara edit tampilan file css agar warnanya sesuai dengan tema jurnal kita pa?". Pertanyaan-pertanyaan lainnya pun banyak disampaikan oleh pengelola jurnal terkait dengan pengelolaan jurnal sistem OJS 3 ini. Namun, karena terkendala dengan waktu pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak dapat dijawab semua sehingga masih meninggalkan beberapa pertanyaan yang mungkin masih harus dieksplorasi lagi oleh para pengelola jurnal untuk menemukan jawabannya.

"Semoga dengan adanya workshop ini, diharapkan para pengelola jurnal dapat mendapatkan jawaban dari sekian banyak pertanyaan yang terpendam setelah sistem OJS bermigrasi ke OJS 3." Ucap Muhammad Ghiyats Ristiana, S.Mat., M.Pd. selaku Kepala UPT Publikasi Ilmiah dan HKI. Acara pun ditutup dengan foto bersama pemateri dan pembacaan doa agar kelak pengelolaan jurnal sistem OJS 3 ini menjadi lebih baik lagi.