Home > Berita

Workshop dan diskusi peningkatan peringkat jurnal ilmiah IKIP Siliwangi

Penulis: Admin UPT Publikasi Ilmiah dan HKI - 17 Juni 2022

Pelaksanaan pengajuan akreditasi sudah dilakukan oleh masing-masing pengelola jurnal setelah dilakukannya acara pertemuan sederhana sebelumnya. Namun, ada beberapa pengelola jurnal yang masih kebingungan terkait dengan persyaratan akreditasi maupun reakreditasi. Sehingga, pihak UPT Publikasi Ilmiah dan HKI memiliki inisiatif untuk mengadakan workshop dan diskusi terkait dengan akreditasi dan reakreditasi jurnal ilmiah. Pada hari Kamis, 16 Juni 2022 diadakan workshop dan diskusi terkait dengan peningkatan peringkat jurnal ilmiah di lingkungan IKIP Siliwangi yang bertempat di Ruang Rapat Aula Graha Panca Bakti IKIP Siliwangi dengan pemateri utama adalah Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd.

Workshop ini dihadiri hampir semua pengelola jurnal ilmiah IKIP Siliwangi dengan agenda melanjutkan pelengkapan ataupun penyempurnaan persyaratan akreditasi dan reakreditasi jurnal ilmiah IKIP Siliwangi. Workshop dan diskusi yang dipimpin langsung oleh Kepala UPT Publikasi Ilmiah dan HKI, Muhammad Ghiyats Ristiana, S.Mat., M.Pd. dibuka dengan diskusi dan sharing dari pengelola jurnal ilmiah PAROLE, Alfa Mitri Suhara, M.Pd. dan pengelola jurnal ilmiah ELTIN, Yanuarti Apsari, M.Pd. yang telah mengikuti acara dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Setelah itu, agenda yang dilakukan adalah pematerian oleh Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd. dengan memberikan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk akreditasi dan reakreditasi jurnal ilmiah. Sebagai pakar yang sudah sangat lama berkecimpung di dunia jurnal ilmiah, Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd. menjelaskan terkait dengan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi dan yang harus diperbaiki. "Permasalahan yang sering terjadi adalah di DOI, banyak jurnal-jurnal yang tidak aktif DOInya dikarenakan biaya yang terlalu membludak, sehingga butuh pengelolaan yang baik bagi pengelola jurnal di sini." Ucap Dr. Wahyu Hidayat, M.Pd. pada saat pematerian. "Selain itu, kuantitas perbedaan penulis dari berbagai macam instansi maupun negara akan sangat mempengaruhi pada akreditasi jurnal ilmiah." Lanjutnya.

Para peserta pengelola jurnal ilmiah IKIP Siliwangi terlihat sangat serius dan antusias untuk mengikuti workshop dan diskusi ini agar bisa membuat jurnal ilmiahnya lebih baik lagi. Acara pematerian berlangsung selama dua jam digabung dengan agenda diskusi dengan pemateri terkait hal-hal teknis yang perlu diperhatikan. Setelah berdiskusi, acara ditutup dengan do'a yang dipimpin oleh Muhammad Rizal Fauzi, M.Pd. dan diakhiri dengan penyampaian kesan dan pesan para pengelola jurnal setelah mengikuti workshop dan diskusi terkait dengan peningkatan peringkat jurnal ilmiah.

"Alhamdulillah, terima kasih kepada pihak UPT Publikasi Ilmiah dan HKI telah mengadakan acara workshop dan diskusi ini, saya jadi tercerahkan meskipun masih belum bisa mengajukan." Ucap Jajang Bayu Kelana, M.Pd. selaku pengelola jurnal JPP. "Acara ini sangat bermanfaat sekali, terutama untuk jurnal FOKUS yang masih kebingungan dalam hal-hal yang disebutkan sebagai persyaratan akreditasi." Ucap Maya Masyita Suherman, M.Pd. selaku pengelola jurnal FOKUS. "Terimakasih kepada semua pihak yang telah berbagi ilmunya, sangat bermanfaat sekali untuk saya dan tentunya jurnal CERIA." Sambung Ririn Hunafa Lestari, M.Pd. selaku pengelola jurnal CERIA.

UPT Publikasi Ilmiah dan HKI berharap dengan adanya acara seperti ini, pengelola jurnal ilmiah dapat lebih termotivasi untuk memberikan seluruh hatinya untuk mengelola jurnal seperti anak sendiri. Selain itu, UPT Publikasi Ilmiah dan HKI juga berharap dengan meningkatnya akreditasi jurnal ilmiah yang ada di IKIP Siliwangi, dapat memberikan manfaat bagi IKIP Siliwangi dan juga masyarakat Indonesia maupun dunia ke depannya.